Klarifikasi Kemiripan Logo Adhiguna Bhakti dengan PPM FKG UNPAD 2013

Klarifikasi Kemiripan Logo ADHIGUNA BHAKTI dengan PPM FKG UNPAD 2013

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirahim.

Kami mulai dengan rangkaian peristiwa terjadinya kemiripan logo.

Minggu, 22 Maret 2015

Dimas selaku Penanggung Jawab Pengabdian Masyarakat (PEMA) HMBTI meminta tolong kepada Saudara Ihsan (mahasiswa Telkom) untuk membuat logo PEMA. Namun dikarenakan Saudara Ihsan memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan, maka tidak bisa jadi dalam waktu dekat.

Rabu, 25 Maret 2015

Dimas meminta tolong kepada Saudara Slamet (tetangga Dimas atau bukan mahasiswa Universitas Telkom) secara lisan untuk membuatkan logo PEMA. Saudara Slamet menanyakan seperti apa logo yang di inginkan. Dimas menjawab untuk googling saja, yang bermaksud untuk mencari inspirasi. Kesalah pahaman terjadi disini, Saudara Slamet tertarik dengan logo PPM FKG UNPAD dan mengeditnya dengan sadar. Beranggapan bahwa hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar (berdasarkan wawancara langsung pada sabtu, 28 Maret 2015). Logo pun jadi pada hari itu juga.

Kamis, 26 Maret 2015

Sounding acara dilakukan oleh tim socmed HMBTI. Kemudian ada yang memberitahu bahwa logo itu mirip dengan logo PPM FKG UNPAD 2013 (secara personal message via line) melalui Kadiv Kesekretariatan HMBTI. Tidak lama kemudian, beberapa akun mulai memberi komentar negatif di post instagram, twitter dan blog official HMBTI.
Kadiv Humas HMBTI langsung menghubungi Penanggung Jawab PEMA dan menanyakan siapa yang membuat logo tersebut dan menelusuri terjadinya kemiripan logo.





Jumat, 27 Maret 2015

Ketua HMBTI menghubungi BEM FKG UNPAD melalui akun twitter dan email untuk menanyakan contact person yang dapat dihubungi untuk menanyakan informasi. Namun tidak mendapat respons atau jawaban dari twitter dan email tidak terkirim. Pada akhirnya Ketua HMBTI mendapatkan kontak BEM FKG dan langsung menghubungi Ketua BEM FKG UNPAD dan berbincang mengenai masalah kemiripan logo ini dan saling meminta maaf atas apa yang telah terjadi. Ketua HMBTI menawarkan untuk mengadakan pertemuan dengan Ketua BEM FKG UNPAD Sabtu sore untuk menyelesaikan masalah ini. Namun Ketua BEM FKG UNPAD memiliki jadwal padat pada hari Sabtu hingga Minggu (menurut percakapan via line). Pada hari ini dijadwalkan untuk bertemu dengan Saudara Slamet namun Saudara Slamet berhalangan hadir karena jadwal sekolah siang dan lokasi rumah yang cukup jauh, yaitu di Cimahi.



Sabtu, 28 Maret 2015

Pada pukul 4 Sore, Wakil Ketua HMBTI, Sekjen 1 HMBTI, Kadiv Humas, dan Penanggung Jawab PEMA (Dimas) bertemu dengan Saudara Slamet di Warung De’teras Sukapura, Dayeuh Kolot. Kami berbincang dengan Saudara Slamet dan kemudian Saudara Slamet mengakui telah mengedit logo PPM FKG UNPAD 2013 karena Saudara Slamet beranggapan bahwa itu merupakan suatu hal yang wajar. Kami menjelaskan pada Saudara Slamet bahwa hal tersebut merupakan suatu hal yang tidak benar dan tidak boleh diulangi lagi. Kami juga memberitahu kepada Saudara Slamet untuk menandatangani surat permohonan maaf kepada BEM FKG UNPAD atas pengeditan logo PPM FKG UNPAD 2013.

Note:

Lamanya proses klarifikasi disebabkan oleh beberapa hal berikut;

Kadiv Humas HMBTI ingin mengetahui dengan menyeluruh terlebih dahulu permasalahan yang         terjadi agar ketika proses klarifikasi memaparkan fakta apa adanya.

Sulitnya berkomunikasi dengan Saudara Slamet karena Handphone Saudara Slamet kurang 
berfungsi dengan baik pada saat itu dan lokasi rumah Saudara Slamet yang cukup jauh, yaitu di           Cimahi.

Sejak hari Kamis, 26 Maret 2015 hingga Sabtu, 28 Maret 2015 terdapat serangkaian aktivitas               HMBTI yang dilaksanakan (RAPAT KERJA HMBTI - Kamis, 26 Maret 2015; OPREC FAIR -           Jumat, 27 Maret 2015; ARAK-ARAKAN WISUDA - Sabtu, 28 Maret 2015)

Hal diatas merupakan pemaparan rangkaian peristiwa yang terjadi pada kemiripan logo PPM FKG UNPAD 2013 dan ADHIGUNA BHAKTI HMBTI 2015 dijelaskan dengan sebenar-benarnya atas apa yang telah terjadi.

PERMOHONAN MAAF HMBTI 2015 KEPADA FKG UNPAD

Kami, HMBTI 2015 memohon maaf atas ketidak nyamanan teman-teman FKG UNPAD atas kemiripan logo PPM FKG UNPAD 2013 dan ADHIGUNA BHAKTI 2015. Kelalaian kami atas koreksi logo program kerja yang akan dilaksanakan tidak akan terjadi lagi. Kami akan menghapus seluruh post yang berisi logo ADHIGUNA BHAKTI yang mirip dengan logo PPM FKG UNPAD 2013. Kami memohon maaf kepada seluruh pihak yang merasa dirugikan atau tersinggung.
Permohonan maaf ini kami sampaikan dengan sadar dan rasa penuh tanggung jawab.

PERMOHONAN MAAF SDR.SLAMET



UCAPAN TERIMAKASIH
Kami haturkan banyak terima kasih kepada seluruh saudara HMBTI yang telah membantu dan menyemangati kami dalam menyelesaikan permasalahan ini.
Kami haturkan banyak terima kasih kepada seluruh teman-teman dari FKG UNPAD yang sangat bijaksana dan dewasa dalam menyelesaikan masalah ini.

                               
                Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


                                                                                    Hormat Saya, Ikhwan Khairurrahman
                                                                                    KADIV HUMAS HMBTI 2015.

Komentar

Postingan Populer