MK KEAHLIAN MBTI
Hallo keluarga,
apa kabar? Pasti sehat kan kalian, lagi long weekend gini pada liburan gak? Oh
iya kita mau ngasih informasi sesuatu nih buat kalian, dalam kesempatan ini
kita mau kasih info berkaitan dengan Mata Kuliah Pilihan di semester V, VI, dan
VII. Sebelumnya pasti udah pada tau kan Mata Kuliah Pilihan itu apa?
Nah, disini kita
kasih nih deskripsi dari setiap sub KK (Kelompok Keahlian). Yuk ah kita simak
isinya, supaya kita lebih paham apa mata kuliah pilihan yang bakal kita ambil
nantinya.
DESKRIPSI MATA KULIAH
PILIHAN
Mata Kuliah Pilihan 1
(Semester V)
I.
ICT
Based Management (IBM) :
Sub KK Operation and
ICT Management (OIM)
1. Content Mining and Audience Analysis (MK PIlihan 1)
1. Content Mining and Audience Analysis (MK PIlihan 1)
Mata Kuliah ini membahas dan
mendisksusikan pengetahuan tentang kajian teoritis terhadap karakteristik
audiens, mengidentifikasi dan membandingkan
aspek demografis, psikografis, dan geodemografis audiens, menerapkan prinsip dan kriteria dalam menganalisis profil
audiens, mengembangkan metode analisis
audiens dengan penggalian data melalui sosial network untuk pendekatan
analisis, mampu menjelaskan konsep riset audiens melalui penggalian data untuk
memecahkan masalah bisnis dan mengambil keputusan manajemen.
Sub KK Marketing
and Consumer Studies (MCS)
1. Pemasaran
Bisnis (MK Pilihan 1A)
Mata Kuliah ini memberikan
pemahaman tentang pemasaran bisnis, perilaku organisasi pasar bisnis, menjalin
hubungan dengan pelanggan bisnis, strategi pemasaran online, manajemen rantai
pasok, dan strategi pemasaran pasar bisnis.
2. Pemasaran Organisasi Nirlaba (MK PIlihan 1B)
II.
Strategy,
Enterpreneurship, dan Economics (SEE) :
Sub KK Human Capital
and Talent Development (HCTD)
1.
Manajemen Pengetahuan
(MK Pilihan 1)
Mata kuliah ini menjelaskan teori dan praktek manajemen pengetahuan dan kaitannya dengan konsep pengembangan SDM sebagai salah satu faktor penting bagi pencapaian kinerja organisasi. Mahasiswa diharapkan memahami pentingnya kebijakan manajemen pengetahuan dalam pengembangan individu dan organisasi. Metode pembahasan merupakan penggabungan antara teori dengan contoh implementasi manajemen pengetahuan yang relevan.
Sub
KK Strategic Management and Decision Making (SMDM) dan sub KK Economics and
Policy Study (EPS)
1. Aplikasi
Teori Permainan dalam Ekonomi dan Bisnis (MK PIlihan 1)
Mata kuliah ini menjelaskan
bagaimana konsep teori permainan dan pendekatannya terhadap permasalahan
strategis dalam ekonomi dan bisnis, isu-isu strategis dalam memahami bagaimana
teori permainan bisa memutuskan metode yang sesuai untuk menganalisis
permasalahan tersebut, dan bagaimana mengaplikasikan penggunaan metode yang
dapat diaplikasikan oleh mahasiswa pada kasus dunia nyata.
Sub
KK Start Up and Small Business Development (SCBD)
1. Manajemen Usaha Baru
(MK PIlihan 1)
Mata kuliah ini akan membekali
mahasiswa dengan pengetahuan mengenai peran usaha baru dalam ekonomi dan
bisnis, peluang usaha, bentuk legal usaha, menghasilkan ide bisnis, membuat
prototype dan akhirnya mencobanya di pasar serta mengevaluasi bisnis tersebut.
III.
Finance
and Accounting Studies (FAS) :
Sub KK Finance
1.
Manajemen Keuangan
Internasional (MK Pilihan 1A)
Mata kuliah ini menjelaskan
tentang konsep manajemen keuangan internasional; komponen instrumen investasi
keuangan internasional; mekanisme pembiayaan internasional; pengelolaan risiko
keuangan internasional.
2.Akuntansi Manajemen (MK
Pilihan 1B)
Mata kuliah ini menggambarkan
secara rinci mengenai penerapan different costs for different purposes dan
different costs for different analysis pada perusahaan manufaktur sehingga
informasi ini dapat digunakan oleh pihak manajemen untuk pengambilan keputusan.
Mata Kuliah Pilihan 2
(Semester VI)
I.
ICT
Based Management (IBM) :
Sub KK Operation and
ICT Management (OIM)
1. Logika dan Algoritma
(MK Pilihan 2)
Mata
kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang informal logic, basic
concept, language dan fallacies, Categorical propositions-Syllogism, Natural
deduction in Propositional logic, dan Predicate Logic, konsep dan metode
sorting, searching, graph dan keterkaitan logika algotrima dengan Business.
Sub KK Marketing and Consumer
Studies (MCS)
Komunikasi Pemasaran Terpadu (MK Pilihan 2A)
Komunikasi Pemasaran Terpadu (MK Pilihan 2A)
Mata
kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai desain riset dan
analisis data pada beragam kasus misalnya strategi marketing, analisis
kebutuhan pelanggan, tes pasar, diferensiasi produk, kualitas jasa, tes fitur
produk, iklan, dan bauran pemasaran.
II.
Strategy,
Enterpreneurship, dan Economics (SEE) :
Sub
KK Human Capital and Talent Development (HCTD)
1.
Pengembangan Organisasi
(MK Pilihan 2)
Mata kuliah ini akan mengajarkan
tentang konsep, model dan tahapan dalam pengembangan organisasi untuk
meningkatkan kinerja organisasi. Tahapan yang akan dijelaskan meliputi
perencanaan, implementasi dan evaluasi aktivitas pengembangan organisasi.
Sub
KK Strategic Management and Decision Making (SMDM) dan sub KK Economics and
Policy Study (EPS)
1.
Pengembangan Korporasi
(MK Pilihan 2)
Mata kuliah ini mempelajari bagaimana
cara pengembangan korporasi yang diterapkan dalam suatu perusahaan (audit
pengembangan korporasi pada suatu perusahaan) dimulai dari karakteristik
pertumbuhan dan tingkat kedewasaan organisasi, siklus organisasi, kualitas
keputusan, budaya perusahaan, bentuk-bentuk kreativitas manajemen, manajer
kreatif sampai dengan praktek kepemimpinan.
Sub
KK Start Up and Small Business Development (SCBD)
1.
Pengembangan Usaha (MK
Pilihan 2)
Mata kuliah ini akan membekali
mahasiswa dengan pengetahuan tentang tahapan pengembangan ruang lingkup bisnis,
cara menentukan aspek pengembangan bisnis, bagaimana menghubungkan pengembangan bisnis dalam aspek
teknologi, bagaimana cara menganalisa kelayakan pengembangan bisnis dan resiko
pengembangan bisnis secara strategis, dan perencanaan bisnis yang lengkap dari
konsep, strategi, keuangan, dan evaluasi pengembangan yang kompetitif.
III.
Finance
and Accounting Studies (FAS) :
Sub
KK Finance
1.
Manajemen Perbankan
Konvensional dan Syariah (MK Pilihan 2A)
Mata kuliah ini bertujuan untuk
memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori serta praktik
manajemen perbankan di Indonesia baik itu perbankan
konvensional maupun syariah yang berfungsi sebagai intermediari antara bank
sebagai penyedia dana dengan masyarakat sebagai pihak yang membutuhkan dana.
2.
Penganggaran (MK
Pilihan 2B)
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami konsep
anggaran, menyusun anggaran mencangkup anggaran operasional, penjualan,
produksi, laba, kas, komprehensip, dan investasi, serta menggunakan anggaran
sebagai alat perencanaan dan pengawasan di dalam perusahaan.
Mata Kuliah Pilihan 3
(Semester VII)
I.
ICT
Based Management (IBM) :
Sub KK Operation and
ICT Management (OIM)
1.
Produktivitas dengan
Aplikasi (MK Pilihan 3)
Mata
kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang fenomena, peluang dan
tantangan bisnis di era teknologi; konsep, teori, framework dari perkembangan
bisnis yang menggunakan teknologi; teknologi yang dapat digunakan untuk membangun
infrastruktur teknologi untuk pengembangan bisnis; implementasi teknologi untuk kepentingan
bisnis dan produktivitas; proses desain apps untuk kebutuhan bisnis dan
implementasinya.
Sub KK Marketing
and Consumer Studies (MCS)
1.
Manajemen
Hubungan Pelanggan dan Keterlibatan dalam Jejaring Sosial (MK Pilihan 3A)
2. Manajemen Layanan dan Operasi (MK Pilihan 3B)
II.
Strategy,
Enterpreneurship, dan Economics (SEE) :
Sub
KK Human Capital and Talent Development (HCTD)
1 1.
Manajemen Talenta (MK
Pilihan 3)
Mata kuliah ini akan mengajarkan
tentang konsep, model dan elemen-elemen penting dari sistem manajemen talenta
mencakup menarik, mengembangkan dan mempertahankan talenta. Pengelolaan talenta
diarahkan untuk mendukung tujuan dan sasaran organisasi melalui perumusan strategi
talenta yang tepat dan mengintegrasikan sistem talent management dalam
organisasi.
Sub
KK Strategic Management and Decision Making (SMDM) dan sub KK Economics and
Policy Study (EPS)
1. Strategi
Platform (MK Pilihan 3)
Mata
kuliah ini menjelaskan mengenai bagaimana sebuah model bisnis yang baru yaitu platform dapat membantu para pebisnis stratup untuk membangun bisnisnya dengan
investasi yang minimum dengan melibatkan pihak-pihak lain untuk melakukan value co-creation dalam membangun bisnis
tersebut.
Sub
KK Start Up and Small Business Development (SCBD)
1. Pengembangan
Komunitas (MK PIlihan 3)
Pengembangan masyarakat merupakan
mata kuliah yang dirancang sebagai bentuk partisipasi aktif mahasiswa sebagai
upaya mendukung pemberdayaan masyarakat melalui melalui integrasi dengan
pembelajaran mata kuliah berbasis kewirausahaan.
III.
Finance
and Accounting Studies (FAS) :
Sub
KK Finance
1. Manajemen
Aset (MK Pilihan 3A)
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami pengelompokan
aset, perkembangan teori dalam manajemen aset, pengalokasian aset, serta
bagaimana mengelola aset sehingga dapat digunakan oleh pihak manajemen
untuk pengambilan keputusan.
2. Perpajakan
(MK Pilihan 3B)
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dasar-dasar
perpajakan, ketentuan umum perpajakan, serta menyusun perhitungan berbagai
pajak yang berlaku di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar