Pilihan Keahlian MBTI

Halo, mahasiswa MBTI semester 3!
Seperti yang sudah diketahui bersama, dalam waktu dekat nanti kita akan memilih satu diantara sembilan jenis keahlian yang bisa menunjang ilmu kita sebagai seorang lulusan bergelar S, Mb. Siapkah kamu memilih? Berikut sudah kami susun informasi mengenai 9 keahlian yang salah satunya bisa kalian pilih.

1. Akuntansi
Bagi kamu yang memiliki tingkat kejelian yang tinggi sepertinya akan sangat cocok bila mengambil keahlian akuntansi.
Dalam akuntansi, mahasiswa akan belajar lebih dalam mengenai akuntansi, tidak Cuma sekedar menghitung laba/rugi atau neraca seperti yang dipelajari di semester 3.
Nantinya mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai bentuk teoritis dan bentuk penghitungan akuntansi seperti jenis sistem akuntansi, sistem informasi anggaran, perhitungan biaya per unit hingga laporan laba rugi, dan neraca. Mahasiswa juga akan diajarkan untuk membuat analisis penerapan akuntansi manajerial suatu perusahaan.
Tips: harus terbiasa juga untuk memahami teori akuntansi (tidak cuma penghitungan) saja karena banyak hal yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum memasuki penghitungan.
(Pradina Havirinda)

2. Business Strategy
Strategi bisnis akan membahas ilmu dari mata kuliah finance dan ekonomi, dan disitu membahas bagaimana cara nya sebuah perusahaan bisa tumbuh dengan memilih strategi yang pas dengan tujuan perusahaan tersebut dan tentunya mencapai profit maksimum dengan kuantitas dan harga produk yang paling optimal. Strategi bisnis juga akan mempelajari cara bersaing dengan perusahaan lain, dan mengeluarkan strategi terbaik untuk menghadapi pesaing.
Keahlian ini terasa cocok bagi mahasiswa yang memang suka tantangan dan siap menjadi driver bagi perusahaan karena di strategi bisnis ini mahasiswa ditantang untuk mengambil keputusan yang paling tepat bagi sebuah perusahaan dan orang yang ahli dalam strategi bisnis yang mampu menyetir perusahaan untuk mencapai tujuannya dengan strategi yang paling pas dan meminimalisir resiko.
Di strategi bisnis mahasiswa dituntut menjadi orang yang ahli dalam perhitungan dan mampu mengaplikasikannya ke dalam bentuk analisa strategi bagi perusahaan. Jadi, disini mahasiswa akan mendapatkan keahlian menghitung dan menganalisis.
(Athifa Nurshafaa)


3. Entrepreneurship
Bagi kamu, mahasiswa yang ingin memiliki sebuah bisnis sendiri, dan berambisi untuk sukses dalam wirausaha yang menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, maka keahlian ini adalah jawabannya.
Di Entrepreneurship, mahasiswa akan dididik menjadi entrepreneur sejati yang memiliki jiwa tahan banting, selalu berkreasi dengan ide baru, dan terus berfikir untuk mengembangkan bisnis kita agar tetap bertahan dengan mempelajari berbagai studi kasus dan berbagai bentuk motivasi yang diberikan di mata kuliah.
Mahasiswa nantinya akan mengobservasi di lapangan berbagai bentuk wirausaha yang pastinya keren, dengan melakukan wawancara mendalam, sehingga bisa tahu dan sadar banyak aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam entrepreneurship.
(M. Rahadian Darajat, Wirya Utari)

4. Finance
Kalau kamu sudah ketemu mata kuliah finance dan merasa tertantang untuk mendalaminya maka kamu sangat disarankan untuk memilih keahlian finance. Di keahlian finance nanti akan dipelajari saham, obligasi, investasi dll seperti di semester 3, namun dengan pendalaman yang lebih kompleks.
Di Finance nanti juga akan dipelajari segala bentuk analisis, perencanaan, pengambilan keputusan keuangan di dalam sebuah perusahaan. Baik itu berupa analisis saham, kurs, obligasi, investasi, dan seluk beluk keuangan lainnya.
Analisis dan perencanaan keuangan yang diambil tentunya harus bisa menguntungkan perusahaan hari ini hingga di masa depan yang akan kalian pelajari sendiri di keahlian finance. Selain itu, nantinya mahasiswa akan diarahkan untuk bisa memahami sistem keuangan sebuah perusahaan agar sustainability perusahaan terjaga, dan memanage resiko perusahaan dari pengambilan keputusan keuangan yang merugikan.
(Dian Chisva Islami, Filia Stefany, Ayu Putri Wulandari)

5. Human Resources Management
Bahasan pokok yang akan dipelajari dari HRM adalah fokus dengan bagaimana mengembangkan sumber daya manusia yang kompetitif bagi perusahaan. Di keahlian ini, juga akan dipelajari cara mengatasi masalah internal perusahan, bagaimana mengelola sumber daya manusia dan mempersiapkan sumber daya yang ada agar siap menghadapi perubahan budaya dalam perusahaan. Budayanya itu bisa berupa sistem kantor, kebiasaan pegawai, syarat dan ketentutan yang harus dipatuhi, merger, akuisisi, ekspansi, hingga ke internasional.
Di HRM, mahasiswa akan diberikan pemahaman HRM yang menjaga agar perusahaan bisa kuat menghadapi berbagai tantangan dunia bisnis, dengan terus mengembangkan potensi manusia yang ada agar perusahaan tetap berdiri. Disini juga mahasiswa akan dilatih untuk menjadi konsultan yang dicari perusahaan untuk memberi saran untuk mengadapi konflik, perubahan dan masalah masalah yang ada, dengan cara berfikir yang harus berbeda dengan konsultan lain.
Cocok untuk mahasiswa yang teoritis, suka menganalisis kasus, suka turun langsung ke lapangan dan menerapkan pengetahuannya, suka mempelajari alasan dari kejadian yang ada.
(Fasya Vadya Fredanella)

6. International Business
Untuk pilihan konsentrasi ini, mata kuliah yang diajarkan tidak jauh berbeda dengan mata kuliah manajemen bisnis dan mata kuliah tentang berbisnis lain. Di International Business, mahasiswa akan belajar tentang strategi bagaimana caranya untuk mengembangkan bisnis ke lingkungan internasional, yang penuh dengan regulasi dan beberapa aturan dunia internasional yang perlu diketahui; seperti valuta asing, dan regulasi bisnis dan situasi geopolitik yang berbeda di tiap negara.
Selain itu, mahasiswa juga dipersiapkan untuk menghadapi situasi bisnis dunia yang berubah-ubah (contoh seperti AFTA 2015) yang tentunya akan mempengaruhi strategi yang harus digunakan dalam mengembangkan bisnis ke luar negeri.
Konsentrasi ini cocok untuk mahasiswa yang ingin jadi pelaku bisnis (wirausaha maupun corporate) yang punya keinginan untuk mengembangkan bisnisnya ke ranah internasional.
(Annisa Nabila)

7. Marketing
Inti dari marketing  adalah memberikan guidelines tentang bagaimana menghantarkan nilai dan menciptakan nilai dari produk (barang atau jasa) yang ditawarkan dengan mengetahui target dari segmen pasar yang dituju dengan pertimbangan "marketing mix" agar bisa memposisikan diri/brand/ perusahaan.
Maka dari itu di konsentrasi marketing, kamu akan belajar lebih dalam mengenai marketing merupakan cara  pemasaran dimana triple bottom line (social, environmental, dan financial) menjadi concern sekaligus arahan pemasaran yang basisnya sustainability (berkelanjutan) dan menguntungkan dari segi sosial, lingkungan, dan finansial.
Cocok untuk mahasiswa yang ingin mengetahui caranya memposisikan image produk/perusahaan/ brand kepada calon konsumen ataupun konsumen tetap agar bisa unggul dibanding yang lain.
(Appraisal Danaryanto)

8. Manajemen Operasi
Untuk manajemen operasi, mahasiswa nantinya akan diajarkan untuk bagaimana caranya dalam membuat, membangun, dan mengelola suatu proyek baru yang akan didirikan oleh perusahaan. Proyek tersebut harus dibuat dengan baik, dan dilakukan dengan efisien (baik dari segi waktu maupun keuangan). Proyek yang dimaksud bisa berbentuk bangunan, atau produk jual berbentuk makanan, minuman, dsb dari perusahaan yang beroperasi. Seorang manager proyek harus bisa memastikan seluruh bentuk operasional pembuatan produk berjalan dengan lancar.
Produk yang dikeluarkan juga harus bersifat aman bagi konsumen dengan mutu yang terjamin dan kualitas yang baik.
(Bintari Dian Sari)

9. New Economy
Di zaman yang semakin modern ini, semakin banyak bentuk bisnis baru yang bermunculan dan berpotensi untuk menghasilkan uang yang banyak bila ditekuni. Bisnis seperti ini memang cenderung baru membooming belakangan ini, dan kerap disebut sebagai new economy.
Di keahlian new economy, mahasiswa akan diperkenalkan dengan bisnis baru tersebut dan diajarkan cara untuk mengelolanya agar mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Seperti mendevelop produk kreatif dalam creative business, membuat produk yang ramah
lingkungan dalam green economy, dan mempelajari e-marketing berbasis internet. Contoh New Economy: Digital Printing, dan Online Shopping.

TIPS TAMBAHAN PEMILIHAN KONSENTRASI
- Pilih sesuai passion yang kamu miliki
- Jangan ikut-ikutan teman
- Rajin bertanya senior
- Kunjungin ruang hmbti untuk berkonsultasi bila kurang yakin

SELAMAT MEMILIH DAN MENENTUKAN MASA DEPAN KAMU SENDIRI

(Disusun oleh: M.A Prajakusuma)




Komentar

Postingan Populer