Selamat Ulang Tahun MBTI!: Sejarah dan Pembentukan MBTI

Happy Sweet Seventeen MBTI!

25 September adalah hari paling berbahagia bagi Universitas Telkom. Karena di tanggal itu, berdiri sebuah jurusan hebat, kedua tertua, dan juga terbesar di Universitas Telkom. 4 huruf itu, M-B-T-I telah memberikan sumbangsih yang luar biasa. Prestasi, nama baik, dan juga lulusan terbaik bagi Universitas Telkom.

Embrio MBTI sudah terbentuk sejak tahun 1990. Pada tahun 1990 didirikan sebuah program jurusan Master Business in Administration  (MBA/setara S-2) di Bandung. MBA-Bandung dibentuk dengan mengadopsi sistem pembelajaran Asian Institute of Management (AIM) Philpina yang saat itu juga dikenal sebagai Harvard Business School of Asia. Selain sistem pembelajarannya, Dosen-dosen AIM juga ikut membantu mengajar dan membimbing di MBA-Bandung. Maka tidak heran, pada 1992, MBA-Bandung masuk ke dalam 7 sekolah bisnis terbaik versi majalah SWA bersama dengan UI dan ITB.

Program MBA-Bandung dirubah menjadi Sekolah Tinggi pada tahun 1994 setelah merespon ketetapan pemerintah mengenai penertiban penyelengaraan Sekolah Tinggi di Indonesia. MBA-Bandung bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) yang merupakan sekolah pasca sarjana bagi mahasiswa calon Master Manajemen (MM).

Di tahun 1997, tepatnya pada tanggal 27 September, STMB menambah program studinya. Sesuai aturan pemerintah yang mewajibkan Sekolah Tinggi juga harus menyelenggarakan program pra-sarjana ( S-1), maka dibentuklah program studi MBTI. Keinginan pembentukan MBTI ini didukung oleh Direktur PT Telkom saat itu, AA Nasution. 27 September 1997 juga ditetapkan sebagai hari lahirnya program studi MBTI, sekaligus tanggal bergabungnya STMB dengan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).

STMB sendiri pada 2004 merubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom, kemudian menjadi bentuk jurusan MBTI di Institut Manajemen Telkom, dan terakhir melebur bersama ITT , Poltek, dan STISI menjadi Universitas Telkom.


Meski institusi diatasnya kerap berganti nama, nama MBTI tetap dipertahankan. Prodi MBTI hingga hari ini dikenal memiliki reputasi yang membanggakan. Di dalam kampus, prodi MBTI kerap melahirkan mahasiswa-mahasiswa kritis yang menduduki jabatan tinggi di berbagai organisasi kemahasiswaan di Universitas Telkom. Sementara di luar kampus, prodi ini menjadi salah satu prodi unggulan di Universitas Telkom (terakreditasi A) dan telah melahirkan banyak lulusan kompetitif yang dilepas di berbagai bidang kerja di Indonesia.

(MAP)

Komentar

Postingan Populer