Laporan Event: SOSBAR (Sosialisasi Akbar)


Pada hari Sabtu 19 April 2014, kami HIMA MBTI mengadakan acara pengabdian masyarakat bertajuk “SOSBAR: Bersih-bersih Sungai PGA”. Acara ini dirancang tidak hanya untuk memelihara lingkungan sekitar kampus, melainkan juga merupakan rangkaian acara launching pembentukan HIMA MBTI.

Tepat pada pukul 08.00, sebanyak 125 peserta yang terdiri dari pengurus HIMA, anggota HIMA, dan mahasiswa Universitas Telkom lainnya berjalan beriringan menuju lokasi pembersihan di sepanjang bantaran sungai PGA. Peserta yang telah dikelompokan menjadi 6 kelompok dengan tugas berbeda ini disebar di sepanjang bantaran sungai.

Antusiasme peserta SOSBAR ini mendapatkan respons positif dari masyarakat. Seperti yang terlontar dari salah satu warga “mun tiasa mah sabulan sakali jang” (kalau bisa sebulan sekali jang). Beberapa warga yang tinggal di bantaran sungai juga ikut meminjamkan alat kebersihannya seperti cangkul, sapu lidi, dan pengki.

Sekitar pukul 11.00 acara pengabdian masyarakat dihentikan. Dari kegiatan membersihkan bantaran sungai ini, telah terkumpul sekitar 10 karung sampah yang terdiri dari kumpulan sampah organik dan non organik untuk selanjutnya akan dibuang ke TPA dengan menggunakan truk sampah yang telah disewa.

Acara pengabdian masyarakat berlanjut ke tahap penutupan. Dalam acara penutupan ketua pelaksana SOSBAR, Govin Diaz Batista mengucapkan rasa terima kasih kepada para peserta dan berharap para peserta bisa ikut menjaga lingkungan sekitarnya.
Kemudian di penutupan, Ketua HIMA MBTI Fazrin Fathurrahman resmi melakukan launching HIMA MBTI dengan proses menggunting pita. Fazrin berpesan dan menekankan kepada peserta bahwa seluruh mahasiswa MBTI adalah merupakan anggota dari HIMA MBTI juga, oleh karena itu tidak perlu untuk merasa ada perbedaan/gap dengan pengurus. Karena pengurus sebetulnya hanya representatif saja, bukan sebuah jabatan eksklusif yang membedakan dengan mahasiswa lain. Dengan sambutan ketua tadi, kegiatan SOSBAR hari Sabtu resmi dibubarkan.

Kegiatan SOSBAR berlanjut di hari minggu, 21 April 2014. Panitia SOSBAR membagikan puluhan trashbag kepada pedagang pasar kaget sekitar kampus agar para pedagang tidak membuang sampah ke sungai. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran pedagang tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Foto-foto kegiatan SOSBAR




(map)

Komentar

Postingan Populer