MK KEAHLIAN MBTI



Hallo keluarga, apa kabar? Pasti sehat kan kalian, lagi long weekend gini pada liburan gak? Oh iya kita mau ngasih informasi sesuatu nih buat kalian, dalam kesempatan ini kita mau kasih info berkaitan dengan Mata Kuliah Pilihan di semester V, VI, dan VII. Sebelumnya pasti udah pada tau kan Mata Kuliah Pilihan itu apa?
Nah, disini kita kasih nih deskripsi dari setiap sub KK (Kelompok Keahlian). Yuk ah kita simak isinya, supaya kita lebih paham apa mata kuliah pilihan yang bakal kita ambil nantinya.

DESKRIPSI MATA KULIAH PILIHAN

 


       Mata Kuliah Pilihan 1 (Semester V)

  I.         ICT Based Management (IBM) :

Sub KK Operation and ICT Management (OIM)


 1.      Content Mining and Audience Analysis (MK PIlihan 1)

  Mata Kuliah ini membahas dan mendisksusikan  pengetahuan tentang  kajian teoritis terhadap karakteristik audiens, mengidentifikasi dan  membandingkan aspek demografis, psikografis, dan geodemografis audiens, menerapkan  prinsip dan kriteria dalam menganalisis profil audiens,  mengembangkan metode analisis audiens dengan penggalian data melalui sosial network untuk pendekatan analisis, mampu menjelaskan konsep riset audiens melalui penggalian data untuk memecahkan masalah bisnis dan mengambil keputusan manajemen.

Sub KK Marketing and Consumer Studies (MCS)

      1.   Pemasaran Bisnis (MK Pilihan 1A)
  Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang pemasaran bisnis, perilaku organisasi pasar bisnis, menjalin hubungan dengan pelanggan bisnis, strategi pemasaran online, manajemen rantai pasok, dan strategi pemasaran pasar bisnis.
    
     2.  Pemasaran Organisasi Nirlaba (MK PIlihan 1B)



II.      Strategy, Enterpreneurship, dan Economics (SEE) :
Sub KK Human Capital and Talent Development (HCTD)
     1. Manajemen Pengetahuan (MK Pilihan 1)

Mata kuliah ini menjelaskan teori dan praktek manajemen pengetahuan dan kaitannya dengan konsep pengembangan SDM sebagai salah satu faktor penting bagi pencapaian kinerja organisasi. Mahasiswa diharapkan memahami pentingnya kebijakan manajemen pengetahuan dalam pengembangan individu dan organisasi. Metode pembahasan merupakan penggabungan antara teori dengan contoh implementasi manajemen pengetahuan yang relevan.

Sub KK Strategic Management and Decision Making (SMDM) dan sub KK Economics and Policy Study (EPS)

  1. Aplikasi Teori Permainan dalam Ekonomi dan Bisnis (MK PIlihan 1)
Mata kuliah ini menjelaskan bagaimana konsep teori permainan dan pendekatannya terhadap permasalahan strategis dalam ekonomi dan bisnis, isu-isu strategis dalam memahami bagaimana teori permainan bisa memutuskan metode yang sesuai untuk menganalisis permasalahan tersebut, dan bagaimana mengaplikasikan penggunaan metode yang dapat diaplikasikan oleh mahasiswa pada kasus dunia nyata.

Sub KK Start Up and Small Business Development (SCBD)

       1. Manajemen Usaha Baru (MK PIlihan 1)
Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai peran usaha baru dalam ekonomi dan bisnis, peluang usaha, bentuk legal usaha, menghasilkan ide bisnis, membuat prototype dan akhirnya mencobanya di pasar serta mengevaluasi bisnis tersebut.

III.   Finance and Accounting Studies (FAS) :
Sub KK Finance

     1. Manajemen Keuangan Internasional (MK Pilihan 1A)
Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep manajemen keuangan internasional; komponen instrumen investasi keuangan internasional; mekanisme pembiayaan internasional; pengelolaan risiko keuangan internasional.
      2.Akuntansi Manajemen (MK Pilihan 1B)
Mata kuliah ini menggambarkan secara rinci mengenai penerapan different costs for different purposes dan different costs for different analysis pada perusahaan manufaktur sehingga informasi ini dapat digunakan oleh pihak manajemen untuk pengambilan keputusan.

       Mata Kuliah Pilihan 2 (Semester VI)
I.         ICT Based Management (IBM) :
Sub KK Operation and ICT Management (OIM)

1. Logika dan Algoritma (MK Pilihan 2)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang informal logic, basic concept, language dan fallacies, Categorical propositions-Syllogism, Natural deduction in Propositional logic, dan Predicate Logic, konsep dan metode sorting, searching, graph dan keterkaitan logika algotrima dengan Business.

Sub KK Marketing and Consumer Studies (MCS)
     Komunikasi Pemasaran Terpadu (MK Pilihan 2A)

.      Riset Pemasaran (MK Pilihan 2B)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai desain riset dan analisis data pada beragam kasus misalnya strategi marketing, analisis kebutuhan pelanggan, tes pasar, diferensiasi produk, kualitas jasa, tes fitur produk, iklan, dan bauran pemasaran.

II.      Strategy, Enterpreneurship, dan Economics (SEE) :
Sub KK Human Capital and Talent Development (HCTD)
   1.      Pengembangan Organisasi (MK Pilihan 2)
Mata kuliah ini akan mengajarkan tentang konsep, model dan tahapan dalam pengembangan organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi. Tahapan yang akan dijelaskan meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasi aktivitas pengembangan organisasi.

Sub KK Strategic Management and Decision Making (SMDM) dan sub KK Economics and Policy Study (EPS)
   1.      Pengembangan Korporasi (MK Pilihan 2)
Mata kuliah ini mempelajari bagaimana cara pengembangan korporasi yang diterapkan dalam suatu perusahaan (audit pengembangan korporasi pada suatu perusahaan) dimulai dari karakteristik pertumbuhan dan tingkat kedewasaan organisasi, siklus organisasi, kualitas keputusan, budaya perusahaan, bentuk-bentuk kreativitas manajemen, manajer kreatif sampai dengan praktek kepemimpinan.

Sub KK Start Up and Small Business Development (SCBD)
   1.      Pengembangan Usaha (MK Pilihan 2)
Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang tahapan pengembangan ruang lingkup bisnis, cara menentukan aspek pengembangan bisnis, bagaimana  menghubungkan pengembangan bisnis dalam aspek teknologi, bagaimana cara menganalisa kelayakan pengembangan bisnis dan resiko pengembangan bisnis secara strategis, dan perencanaan bisnis yang lengkap dari konsep, strategi, keuangan, dan evaluasi pengembangan yang kompetitif.

III.   Finance and Accounting Studies (FAS) :
Sub KK Finance
   1.      Manajemen Perbankan Konvensional dan Syariah (MK Pilihan 2A)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori serta praktik manajemen perbankan di Indonesia baik itu perbankan konvensional maupun syariah yang berfungsi sebagai intermediari antara bank sebagai penyedia dana dengan masyarakat sebagai pihak yang membutuhkan dana.
   2.      Penganggaran (MK Pilihan 2B)
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami konsep anggaran, menyusun anggaran mencangkup anggaran operasional, penjualan, produksi, laba, kas, komprehensip, dan investasi, serta menggunakan anggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan di dalam perusahaan.




   

     Mata Kuliah Pilihan 3 (Semester VII)
I.         ICT Based Management (IBM) :
Sub KK Operation and ICT Management (OIM)
    1.      Produktivitas dengan Aplikasi (MK Pilihan 3)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang fenomena, peluang dan tantangan bisnis di era teknologi; konsep, teori, framework dari perkembangan bisnis yang menggunakan teknologi; teknologi yang dapat digunakan untuk membangun infrastruktur teknologi untuk pengembangan bisnis;  implementasi teknologi untuk kepentingan bisnis dan produktivitas; proses desain apps untuk kebutuhan bisnis dan implementasinya.

Sub KK Marketing and Consumer Studies (MCS)
   1.    Manajemen Hubungan Pelanggan dan Keterlibatan dalam Jejaring Sosial (MK Pilihan 3A)
 
   2.    Manajemen Layanan dan Operasi (MK Pilihan 3B)

II.      Strategy, Enterpreneurship, dan Economics (SEE) :
Sub KK Human Capital and Talent Development (HCTD)
1  1.    Manajemen Talenta (MK Pilihan 3)
Mata kuliah ini akan mengajarkan tentang konsep, model dan elemen-elemen penting dari sistem manajemen talenta mencakup menarik, mengembangkan dan mempertahankan talenta. Pengelolaan talenta diarahkan untuk mendukung tujuan dan sasaran organisasi melalui perumusan strategi talenta yang tepat dan mengintegrasikan sistem talent management dalam organisasi.

Sub KK Strategic Management and Decision Making (SMDM) dan sub KK Economics and Policy Study (EPS)
  1.    Strategi Platform (MK Pilihan 3)
Mata kuliah ini menjelaskan mengenai bagaimana sebuah model bisnis yang baru yaitu platform dapat membantu para pebisnis stratup untuk membangun bisnisnya dengan investasi yang minimum dengan melibatkan pihak-pihak lain untuk melakukan value co-creation dalam membangun bisnis tersebut.

Sub KK Start Up and Small Business Development (SCBD)
   1.    Pengembangan Komunitas (MK PIlihan 3)
Pengembangan masyarakat merupakan mata kuliah yang dirancang sebagai bentuk partisipasi aktif mahasiswa sebagai upaya mendukung pemberdayaan masyarakat melalui melalui integrasi dengan pembelajaran mata kuliah berbasis kewirausahaan.

III.   Finance and Accounting Studies (FAS) :
Sub KK Finance
   1.    Manajemen Aset (MK Pilihan 3A)
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami pengelompokan aset, perkembangan teori dalam manajemen aset, pengalokasian aset, serta bagaimana mengelola aset sehingga dapat digunakan oleh pihak manajemen untuk  pengambilan keputusan.
   2.    Perpajakan (MK Pilihan 3B)
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dasar-dasar perpajakan, ketentuan umum perpajakan, serta menyusun perhitungan berbagai pajak yang berlaku di Indonesia.

Komentar

Postingan Populer